Minggu, 18 Mei 2014

AGRO 2/A PAPERAPLIKOM DINA GUSTIANA 1137060025

APLIKASI KOMPUTER
(Tugas  ini dibuat sebagai salah satu  Mata Kuliah Aplikasi Komputer Di Semester II)
PAPER

Disusun Oleh:
DINA GUSTIANA         1137060025
Kelas : 2/A


JURUSAN AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
2014



KATA PENGANTAR


            Puji serta syukur penyusun panjatkan kehadirat Illahi Rabbi berkat Rahmat dan Hidayah-Nya penyusun dapat menyelesaikan Makalah Aplikasi Komputer yang merupakan salah satu Tugas yang di berikan oleh Dosen terkait dalam Mata Kuliah Aplikasi Komputer Dalam  Teori dan Praktik Di Semester II .
            Di dalam mengerjaka dan menyelesaikan Makalah  ini penyusun mendapat bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung, maka dalam kesempatan ini penyusun mengucapakan banyak terima kasih kepada :
1)      Nur Lukman . ST , Selaku Dosen Mata Kuliah Aplikasi Komputer.
2)      Semua pihak Anggota yang telah membantu dalam penyelesaian Tugas Makalah ini.
Penyusun menyadari dalam penyusunan Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan Makalah  ini. Semoga Makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penyusun  dan umumnya bagi pembaca.


Bandung, Maret  2014


Penyusun




DAFTAR  ISI




 

BAB I     PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


            Komputer adalah suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama yang membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

konsep dasar komputer :

ü  Hardware

ü  Software

ü  Brainware

Kata Komputer diambil dalam bahasa latin yaitu ‘computare’  yang berarti menghitung ( To compute ) kata computer dahulunya di gunakan untuk orang yang kerjanya menghitung aritmatika dengan menggunakan atau tidak menggunakan alat.namun seiring di temukan mesin ini kata tersebut di pakai untuk menamai mesin yang kita pakai dan kita kenal sekarang yaitu ‘ Computer’ . Komputer pertama di temukan mempunyai panjang 30 M, Bobot 30 TON dan menghabiskan listrik 174 kilowatts.  Yang kemudian di namai ‘ENIAC’ pada tahun 1946

Definisi dari computer tersebut adalah sekelompok mesin elektronik yang diperintah oleh pengendali, pengendali itu di simpan dalam memori yang kemudian diproses untuk mengeluarkan / memberikan informasi , yang terdiri dari peralatan input dan output .

1.1.1  Jenis-Jenis Komputer


a. Jenis jenis computer berikut di golongkan bedasarkan Generasi , bentuk computer, dan data yang diolah / penggunaanya .

Komputer Analog

Computer ini digunakan untuk mengatur suhu, kecepatan suara atau pun voltase listrik, Komputer ini bekerja secara continue di Komputer ini juga data tidak berbentuk angka tapi data yang berbentuk fisik dan parallel

Komputer digital

Inilah jenis computer sekarang, data yang di olah berupa huruf, angka , kombinasi huruf dll (kuantitatif) Komputer ini memerlukan bahasa perantara. bahasa perantara nya dalah Desktop Komputer, PC , Laptop yang kita gunakan sekarang .

Komputer Hybrid

Komputer jenis ini merupakan computer gabungan antara Digital dengan Analog .



1.1.2 . Berdasarkan prosesornya


Mainframe Computer

Komputer jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini memiliki suatu Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri.Mainframe memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.

Mini Computer

Kapasitas prosessor yang digunakan hampir sama dengan mainframe, hanya jumlah terminal yang dapat disambungkan ke dalam ke komputernya tidak sebanyak seperti pada jenis komputer mainframe. Jumlah terminal yang dapat disambungkan hanya puluhan. Oleh karena itu mini computer hanya cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah yang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran fisik komputer ini tidak sebesar komputer mainframe.

Personal Computer (PC)

Jenis prosessor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai. Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau Personal Computer (PC).

PC Singkatan dari "Personal Computer" PC adalah apa yang kebanyakan kita gunakan setiap hari untuk bekerja atau penggunaan pribadi. Sebuah PC umum meliputi sebuah sistem unit , monitor , keyboard , dan mouse . Sebagian besar PC hari ini juga memiliki jaringan atau koneksi internet, serta port untuk menghubungkan perangkat perangkat, seperti kamera digital, printer, scanner, speaker, hard drive eksternal, dan komponen lainnya

Supercomputer

Komputer yang dirancang secara khusus dan merupakan suatu mesin yang sangat mahal. Komputer ini dapat menganalisa dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat. Supercomputer adalah manipulator angka berkecepatan sangat tinggi yang digunakan terutama untuk aplikasi-aplikasi ilmiah dan rekayasa. Generasi baru dari superkomputer berbeda dari komputer mainframe konvensional dalam penggunaan pemroses paralel. Sebuah komputer bisnis memproses perintah satu persatu dalam sebuah CPU tunggal.



BAB IIPEMBAHASAN


2.1  Microsoft Word


Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya.

Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office 2013.



2.1.1 Numbering


Pada Insert tab, Header & Footer, klik Page Number.



Gambar 1 numering 1



Pilih letak nomor halaman:

ü  Top of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian atas (header).

ü  Bottom of Page, untuk menempatkan nomor halaman di bagian bawah (footer).

ü  Page Margins, untuk menempatkan nomor halaman di dekat marjin halaman.

ü  Current Position, untuk menempatkan nomor halaman di posisi kursor.

ü  Klik bentuk nomor halaman yang diinginkan dari galeri.

ü  Tutup header/footer dengan mengklik ganda pada area dokumen atau klik tombol Close Header and Footer.







2.1.2 Merubah format halaman


Misalnya, merubah format nomor halaman dari 1,2,3 ke format i,ii,iii.

1.      Klik ganda pada header/footer tempat nomor halaman berada untuk memunculkan Header & Footer Tools.

2.      Pada Design tab, Header & Footer, klik Page Number, dan kemudian klikFormat Page Numbers.

3.      Di kotak dialog PageNumber Format, bagian Number format, klik tanda panah dan pilih gaya penomoran yang diinginkan.

4.      Klik OK.








2.1.3 Merubah Penomoran halaman


a)      Klik ganda pada header/footer untuk memunculkan Header & Footer Tools.

b)      Pada Design tab, Header & Footer, klik Page Number, dan kemudian klikFormat Page Numbers.

c)      Di kotak dialog PageNumber Format, bagian Page numbering, pillih:

d)      Continue from previous section, untuk melanjutkan nomor halaman dari section sebelumnya.

e)      Start at dan isi nomor pada kotak di sampingnya, untuk memulai penomoran dari nomor tertentu.

f)       Klik OK.

2.1.4 Merubah jenis  dan ukuran font nomor halaman


ü  Klik ganda pada header/footer tempat nomor halaman berada untuk memunculkan Header & Footer Tools.

ü  Pilih/sorot nomor halaman.

ü  Pada mini toolbar yang muncul, lakukan format yang diinginkan.









Gambar 4 Merubah jenis dan ukuran font 3



2.1.5  Membuat letak nomor halaman yang berbeda di Halaman ganjil dan genap





Gambar 5 Letak nomor Halaman 4

 `


Seperti contoh di atas, kita akan membuat halaman ganjil memiliki nomor halaman di sebelah kanan. Pada halaman genap, nomor halaman di sebelah kiri.

ü  Klik ganda pada header/footer tempat nomor halaman berada untuk memunculkan Header & Footer Tools.

ü  Pada Design tab, grup Options, centang kotak Different Odd & Even Pages.






Gambar 6 DESIGN 5

Pada halaman ganjil, buat nomor halaman di sebelah kanan.

Kemudian pindah ke halaman genap, dan buat nomor halaman dengan posisi di sebelah kiri.

Selanjutnya setiap kita menambah halaman baru, maka posisi nomor halaman akan mengikuti format yang telah dibuat.



2.1.6 Membuat letak nomor halaman pertama yang berbeda pada setiap Bab







GAMBAR 7 LETAK NOMOR HALAMAN 6


Seperti contoh pada gambar, halaman pertama pada setiap bab akan berbeda posisinya dengan halaman-halaman yang lain. Biasanya untuk pengaturan seperti ini, ada yang memisahkan setiap bab dalam dokumen yang berbeda.Tetapi dengan penggunaan section break maka kita dapat menggabungkan beberapa bab dalam satu dokumen yang sama.

Lebih jelasnya tentang penggunaan section break dapat dibaca di artikel ini:


Ø  Klik ganda pada header/footer untuk memunculkan Header & Footer Tools.

Ø  Pada Design tab, grup Options, centang kotak Different First Page.

Ø  Pada halaman pertama, buat nomor halaman seperti contoh pada gambar.

Ø  Kemudian pindah ke halaman kedua, dan beri nomor halaman di kanan atas.

Ø  Selanjutnya kita akan membuat section baru untuk memisahkan antar bab. Taruh kursor di bagian yang ingin dibuat section baru (contoh pada gambar: di tulisan Chapter 2).

Ø  Pada Page Layout tab, Page Setup, klik Breaks.

Ø  Dalam grup Section Breaks, pilih jenis break Next Page. Sekarang lihat format nomor halaman pada section 2 akan sama dengan section 1.

Ø  Selanjutnya bila kita ingin menambahkan bab baru, ikuti langkah 5-7.

2.1.7 Membuat Format Nomor Halaman Yang Berbeda Dalam Dokumen Yang Sama







GAMBAR 8 FORMAT NOMOR HALAMAN 7


Seperti contoh pada gambar, halaman Daftar Isi menggunakan format angka romawi (i, ii, iii, dan seterusnya) sedangkan isi menggunakan angka arab (1, 2, 3, dan seterusnya).

Pada bagian ini juga akan digunakan Section Break.

Pisahkan antar bagian (Daftar Isi dan The Article) dengan section break. Pilih tipe break Next Page.
Tip: Kita bisa membuat section break dahulu, baru kemudian mengetikkan isi dokumen. Tandai dengan judul masing-masing section.

Pada Insert tab, Header & Footer, klik Page Number dan pilih Format Page Numbers.

Pada bagian Number format, pilih format angka romawi. Klik OK.

Pada Insert tab, Header & Footer, klik Page Number dan sekarang pilihBottom of Page untuk menyisipkan nomor halaman.

Klik ganda pada footer di Section 2 (bagian The Article). Lihat contoh pada gambar.




GAMBAR 9 FOOTER 8

Selanjutnya pada grup Header & Footer, klik Page Number dan pilihFormat Page Numbers.

Pada Page numbering klik Start At dan ketikkan angka 1. Klik OK.

2.1.8 Menghilangkan Nomor Halaman


Ø  Pada Insert tab, grup Header & Footer, klik Page Number.

Ø  Pilih Remove Page Numbers.

Ø  Untuk menghapus secara manual, klik header/footer dan pilih nomor halaman. Kemudian tekan tombol Delete.

Catatan:
Jika ada membuat different first-page atau odd and even header/footer, atau memiliki section yang tidak terhubung, maka pastikan untuk menghapus setiap nomor halaman pada tiap header/footer.

 


2.1.9  MAIL MARGE


Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali pekerjaan kita. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama alamat yang dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau merger dengan format surat tadi.



Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini, Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat.

-Untuk membuat mail merge berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Ø  Buat dokumen terlebih dahulu (bisa berupa surat, blangko formulir, atau dokumen yang lain)

Ø  Klik ribbon Mailings kemudian klik Start Mail Merge, pilih Step by Step Mail Merge Wizard














GAMBAR 10  9





Ø  Akan muncul panel Mail Merge disebelah kanan jendela Word anda.

Ø  Pada Select document type pilih Letters kemudian klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkan.




GAMBAR 11




Ø  Pilih Use the current document kemudian klik Next




GAMBAR 12 1




Ø  Pada pilihan select recipients, jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type a new list kemudian klik Create.




GAMBAR 13 1




Ø  Akan muncul jendela New Address list. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan.

Ø  Klik Customizecolumns






GAMBAR 14


Pilih filed name kemudian klik tombol delete, sampai semua nama kolom terhapus.





GAMBAR 15


Untuk membuat field name baru klik Add kemudian beri nama sesuai dengan kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)






GAMBAR 16


Ø  Tambahkan beberapa filed sesuai dengan kebutuhan.

Ø  Jika dirasa sudah cukup klik OK


Ø  Muncul jendela New address list. Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai selesai, kemudian klik OK





gambar 17 1


Ø  Untuk menghapus entry klik pada entry yang mau dihapus kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru klik padanew entry.



Ø  Simpan pada folder dimana tempat dokumen tersimpan kemudian klik Save.



gambar 18 1


muncul daftar list yang sudah siap untuk dimasukkan. Untuk memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang ada, atau bisa anda pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan menghilangkan tanda centang pada list tersebut.



gambar 19 1


Klik Next : Write your letter untuk melajutkan

Ø  Sampai disini kita akan memasukkan daftar field yang telah kita buat tadi untuk dimasukkan pada dokumen. Arahkan kursor pada tempat filed diletakkan. 

Ø  Pada pilihan write your letter, pilih More item




gambar 20 1


Pada jendela yang muncul pilih nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert





gambar 21 1


Ulangi ‘langkah diatas sampai data diisi dengan field yang sesuai. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini. 

kemudian klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil.




gambar 22 1


Jika ada yang masih salah datanya bisa diubah datanya pada edit recipient list. Jika sudah cukup klik Next untuk complete the merger.

Terdapat dua pada pilihan complete merger yaitu Print dan Edit individual letters. Jika anda pilih merger print, maka data merger akan langsung dicetak melalui printer. Jika dipilih Edit individual letters maka data akan ditampilkan pada beberapa halaman langsung di Ms Word. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

2.2 MICROSCOFT EXCEL


2.2.1 Pengertian Microscoft Excel


Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.

Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrogramanVisual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLLActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA



Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

2.2.2 Rumus dan fungsi  dalam Microscoft Excel


Rumus ( formula ) dan fungsi ( function ) secara lengkap dan singkat yang biasanya digunakan pada microsoft excel ddari versi 2007 sampai 2010. Fungsi ini  secara acak ada fungsi text , fungsi logika , fungsi tabel , dan lain lain.

Fungsi VALUE 

digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya :

=VALUE(text)

Fungsi FIND
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya :

=FIND(cari text,pada text,mulai nomor)

Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :

=MID(text,posisi awal,jumlah karakter)

Fungsi REPLACE
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :

= REPLACE (…)



Fungsi CONCATENATE
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya  =CONCATENATE(text1,text2,…)



Fungsi MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :

=MAX(number1,number2,…)

Fungsi STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)

Fungsi VAR
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)



Fungsi LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di akhir text.
Rumusnya sangat simpel.
=LEFT(text)



Fungsi RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan. Rumusnya mirip sekali dengan fungsi LEFT yaitu:
=RIGHT(text)



Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text. Rumusnya adalah:
=LEN(text)



Fungsi UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua. penulisannya:
= UPPER

Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua. penulisannya:
=LOWER(text)

Fungsi PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata. Penulisannya:
=PROPER(text)

Fungsi BAHTTEXT

Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya beberapa saja yang dapat di rubah.

Penulisan :

=TTEXT(…)



Fungsi FACT

Menyatakan faktorial dari suatu bilangan. Penulisan :

=FACT(…)

Fungsi GCD

Menyatakan pembagi umum terbesar. Penulisan :

=GCD(number1, number2,…)



Fungsi LN

Menyatakan logaritma natural dari suatu bilangan. Penulisan :

=LN(number)



Fungsi RAND

Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan real baru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerja dihitung. Penulisan :

=RAND(…)



Fungsi CEILING

Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari nol, ke kelipatan terdekatnya. Penulisan :

=CEILING(…)



Fungsi SQRT

Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif tidak boleh negatif. Penulisan :

=SQRT(…)

Fungsi INT (number)

Untuk pembulatan angka ke bawah dari suatu nilai integer / bulat. Penulisan :

=INT(number)

Fungsi CHAR

Untuk menyatakan karakter yang telah ditentukan menggunakan suatu kode angka. Penulisan :

Syntax

=CHAR(number)

FungsiSUM :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

Fungsi AVERAGE :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya :

=AVERAGE(number1,number2,…)

Fungsi MIN:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)

Fungsi HLOOKUP :

digunakan untuk membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

Fungsi VLOOKUP :

digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP), penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)



2.2.3. Menggunakan Rumus “IF, OR /And”


Dengan Menggunakkan Rumus Untuk Menentukan Mutu =IF(F5>=80;"A";IF(F5>=70;"B";IF(F5>=60;"C";IF(F5>=50;"D";IF(F5<50;"E")))))

dengan menggunakan rumus untuk menentukan nilai komulatif =SUM(D4*40%+E4*60%)

NIM
Nama
NILAI
Komulatif
Mutu

UTS
UAS

1
1209705091
MOHAMMAD ILYAS
70
80,00
76,00
B

2
1210705010
AGUNG KOMARUDIN
75
88,25
82,95
A

3
1210705011
AGUNG REZKA UTAMA
80
70,92
74,55
B

4
1210705015
ALFI KHOERUDIN YUSUF
80
80,00
80,00
A

5
1210705019
ANGGUN RISKY S.
80
88,25
84,95
A

6
1210705020
ARI RUKMANA
80
72,58
75,55
B

7
1210705036
DENDY SHABARUDIN
80
50,00
62,00
C

8
1210705037
DENI HERNADI
75
50,00
60,00
C

9
1210705084
MUHAMAD IQBAL RAMADHAN
75
50,00
60,00
C

10
1210705111
RESSA LISTIYANI SASTY
65
50,00
56,00
D

11
1210705113
RETNA FITRIYAH
65
80,00
74,00
B










=IF(OR(D8="A";D8="B");"Lulus";"Tidak Lulus")

NO
NIM
NAMA
INGGRIS
INDONESIA
MATEMATIKA
FISIKA
BIOLOGI

1
1131232
UJANG
A
B
A
C
A
   Lulus

2
1131233
UCOK
A
B
B
B
A
Lulus

3
1131234
AI
B
C
C
A
B
Lulus

4
1131235
LUSI
C
B
A
A
B
Tidak Lulus

5
1131236
NINDI
D
C
B
B
C
Tidak Lulus
6
1131237
KOKO
B
B
C
C
C
Lulus
7
1131238
ASEP
A
C
A
C
D
Lulus
8
1131239
HILMAN
A
B
B
D
D
Lulus
9
1131240
FAJAR
C
A
C
D
A
Tidak Lulus
10
1131241
AKMAL
B
A
A
A
A
Lulus
11
1131242
RUDI
A
B
A
B
C
Lulus
12
1131243
BUDI
A
C
C
C
C
Lulus

















 












2.2.4  Menggunakan Rumus


= LEFT.=MID ,=RIGHT Missal = =MID(B2;3;4).

2.3  Vlookup Dan  Hlookup




 Pengertian dan Cara menggunakannya :

    Microsoft Excel menyajikan tabel secara vertikal dan horisontal.
Dalam fungsi pembacaan tabel, pada program Ms. Excel juga
secara horizontal (HLOOKUP) dan secara vertikal (VLOOKUP).
• Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP
    Perintah ini sering dikenal dengan fungsi pembacaan tabel.
Untuk menggunakan perintah ini harus ada 2 tabel atau lebih.
Salah satu tabel berfungsi sebagai tabel pembaca dan tabel
lainnya sebagai tabel yang dibaca (tabel sumber/data source).
Antara tabel pembaca dan tabel sumber harus memiliki data
yang sama sebagai kunci pembacaan.

A. Fungsi =VLOOKUP (Vertikal Lookup)
     Fungsi ini DIGUNAKAN untuk membaca tabel sumber yang
bentuknya tegak lurus (vetikal). Bentuk umum dari fungsi ini
adalah sebagai berikut.
=VLOOKUP(Lookup value, Table array, Col_index_num, range lookup)
Keterangan:
Lookup Value : kunci pembacaaan antara kedua tabel.
Table array : range tabel sumber.
Col index_num : nomor kolom dari tabel sumber.
Range Lookup : selalu bernilai 0 (boleh tidak dituliskan).

B. Fungsi = HLOOKUP (Horizontal Lookup)
     Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel sumber yang
bentuknya melintang (horizontal). Bentuk umum dari fungsi
ini adalah sebagai berikut.
= HLOOKUP(Lookup value, Table array, Row_index_num,
Range Lookup)

Keterangan:
Lookup Value : kunci pembacaan antara kedua tabel.
Table array : range table sumber.
Col index_num : nomor baris dari tabel sumber.
Range Lookup : selalu bernilai 0 (boleh tidak dituliskan).

contoh penggunaan :






permasalahan yang kita akan selesaikan adalah pengisian nilai dari data di atas. kita gunakan referensi dr tabel yg pertama . kita dapat menggunakan fungsi vlookup (vertical lookup).

     Pemakaian VLOOKUP untuk kasus di atas adalah pada sel D8 akan
kita masukkan rumus =VLOOKUP(C8,$A$2:$B$5,2), di mana C8 adalah
data kunci yang akan dicocokkan, $A$2:$B$5 adalah area pencarian data
termasuk kunci pencarian dan data yang akan diambil, dan 2 adalah
menunjukkan kolom ke-2 dari range tersebut adalah data yang diambil.
Atau dengan cara lain, yaitu menggunakan function wizard sebagai berikut.
1) Letakkan kursor pada sel C8.
2) Klik menu Formulas, kemudian pilih Logical.
3) Klik pada VLookup.












4) Pada menu VLOOKUP Wizard pilih atau ketik sel C8



 

5) Klik tombol Browse pada Cell Range , Blok A1 hingga B5 , judul kolom
tidak perlu dipilih.








6) Tambahkan tanda $ untuk Range, sehingga menjadi $A$2:$B$5, tanda
$ ini untuk menjadikan sel absolut agar jika dicopy ke sel di bawahnya
tidak berubah referensinya.
7) Ketik 2 di mana akan mengembalikan ke angka 2 pada Col_index_num,
untuk lebih jelasnya bisa dilihat ilustrasi pada gambar berikut.

 





8) Klik OK, kemudian copykan ke sel di bawahnya. Hasil akhirnya seperti
pada gambar berikut.











     Sebagai pedoman dalam pemakaian VLOOKUP ini adalah kunci
pencarian harus berada di kolom paling kiri dari table_array dan kunci
pencarian tersebut harus dalam keadaan sudah terurut. Pemakaian
HLOOKUP sama dengan VLOOKUP, perbedaannya hanya dalam hal
penyusunan datanya, yaitu jika VLOOKUP datanya disusun secara vertikal,
sedangkan jika HLOOKUP datanya disusun secara horisontal.












DAFTAR HARGA BARANG




NAMA BARANG
HARGA BARANG
PENGELUARAN BARANG PER-HARI
PENDAPATAN PER BARANG

K-001
Monitor
 Rp           850,000
5
 Rp                               4,250,000.00

K-002
DVD Room
 Rp           500,000
10
 Rp                               5,000,000.00

K-003
Hardisk
 Rp           480,000
2
 Rp                                   960,000.00

K-004
Keyboard
 Rp              65,000
8
 Rp                                   520,000.00





























=VLOOKUP(D10,D3:F6,3)     =SUM(C10*F10)




NAMA PEMBELI
JK
JUMLAH BARANG
KODE BARANG
NAMA BARANG
HARGA BARANG
TOTAL HARGA
BONUS

Agus Hidayat
L
3
K-002
DVD Room
 Rp   500,000.00
 Rp            1,500,000.00
MOUSE NIRKABEL DAN MP3

Ai Fitri Nurhila
P
4
K-004
Keyboard
 Rp     65,000.00
 Rp                260,000.00
TIDAK MENDAPATKAN BONUS

Ai sukaedah
P
6
K-002
DVD Room
 Rp   500,000.00
 Rp            3,000,000.00
MOUSE NIRKABEL DAN MP3

Ani Nurjanah
P
5
K-001
Monitor
 Rp   850,000.00
 Rp            4,250,000.00
MOUSE NIRKABEL DAN MP3

Budi Harianto
L
10
K-003
Hardisk
 Rp   480,000.00
 Rp            4,800,000.00
MOUSE NIRKABEL DAN MP3

Dede Rohendi
L
2
K-003
Hardisk
 Rp   480,000.00
 Rp                960,000.00
KOMPOR GAS

Subhan
L
8
K-004
Keyboard
 Rp     65,000.00
 Rp                520,000.00
TIDAK MENDAPATKAN BONUS
































=IF(G10>1000000,"MOUSE NIRKABEL DAN MP3",IF(G10>550000,"KOMPOR GAS",IF(G10<550000,"TIDAK MENDAPATKAN BONUS")))


 


2.4  Pivot Table


            Jika bisnis  menyimpan data penting dalam database relasional, kemungkinan menganalisis dan melaporkan pada data tersebut secara reguler. Jika data relasional, dapat membangun PivotTable seperti ini dalam hitungan menit:





Apa perbedaan PivotTable ini? Perhatikan bagaimana Daftar Bidang memperlihatkan kumpulan tabel, tiap tabel berisi bidang yang dapat Anda kombinasikan dalam satu PivotTable untuk memotong data Anda dalam berbagai cara. Tidak diperlukan pemformatan manual atau persiapan data. Jika Anda memiliki data relasional, Anda dapat langsung membangun PivotTable berdasarkan tabel terkait segera setelah Anda mengimpor data.

Bagaimana caranya mendapatkan beberapa tabel dalam Daftar Bidang PivotTable? Ada dua cara. Pertama, ketika Anda mengimpor dari database relasional, Anda dapat mengimpor beberapa tabel secara bersamaan. Atau, Anda juga dapat mengimpor tabel secara individual dari sumber data yang sama atau berbeda, menambahkannya ke Model Data di Excel, buat hubungan, lalu gunakan model data tersebut untuk menggerakkan PivotTable.

Mari melihat bagaimana Anda akan mengimpor beberapa tabel dari Server SQL.

·         Pastikan Anda mengetahui nama server, nama database, dan kredensial mana yang digunakan saat tersambung ke Server SQL. Administrator database Anda dapat menyediakan informasi yang diperlukan.

·         Klik Data > Dapatkan Data Eksternal > Dari Sumber Lain > Dari Server SQL.

·         Di Nama Server, masukkan nama komputer jaringan dari komputer yang menjalankan Server SQL.

·         Di kredensial Masuk, klik Gunakan Autentikasi Windows jika Anda tersambung sebagai diri Anda sendiri. Jika tidak, masukkan nama pengguna dan kata sandi yang disediakan oleh administrator database.

·         Di Pilih Database dan Tabel, pilih database, lalu klik Aktifkan pilihan beberapa tabel.








·         Pilih tabel yang ingin Anda gunakan secara manual. Atau, pilih satu atau dua, lalu klik Pilih Tabel Terkait untuk otomatis memilih tabel yang terkait dengan yang Anda pilih sebelumnya.

·         Jika Impor hubungan antara tabel terpilih di centang, pertahankan hal tersebut untuk membuat Excel dapat membuat ulang hubungan tabel yang sama di buku kerja.

·         Klik Selesai.

·         Dalam kotak dialog Impor Data, pilih Laporan PivotTable.


·         Klik OK untuk memulai pengimporan dan pengumpulan Daftar Bidang.

·         Perhatikan bahwa Daftar Bidang berisi beberapa tabel. Tabel tersebut adalah tabel yang Anda pilih saat mengimpor. Anda dapat memperluas atau menciutkan tiap tabel untuk melihat bidang. Selama tabel masih terkait, Anda dapat membuat bagan PivotTable Anda dengan menyeret bidang dari tabel mana pun ke area NILAI, BARIS, atau KOLOM.




Ø  Seret bidang numerik ke area NILAI. Misalnya, jika Anda menggunakan database sampel Adventure Works, Anda dapat menyeret SalesAmount dari tabel FactInternetSales.

Ø  Seret bidang tanggal atau wilayah ke area BARIS atau KOLOM untuk menganalisis penjualan berdasarkan tanggal atau wilayah.

Ø  Kadang Anda perlu membuat hubungan antara dua tabel sebelum Anda dapat menggunakannya dalam PivotTable. Jika Anda mendapatkan pesan yang mengindikasikan bahwa hubungan tabel diperlukan, klik Buatuntuk memulai.




Ø  Untuk menggunakan database relasional lainnya, seperti Oracle, Anda mungkin perlu menginstal perangkat lunak klien tambahan. Periksa ke administrator database Anda untuk mengetahui apakah perangkat lunak tersebut diperlukan.

Ø  Anda dapat mengimpor beberapa tabel dari Access.

Cara lain menganalisis beberapa tabel

Database relasional bukanlah satu-satunya sumber data yang membuat Anda dapat bekerja dengan beberapa tabel di Daftar Bidang PivotTable. Anda dapat menggunakan tabel arbitrer dalam buku kerja Anda, atau mengimpor umpan data yang nantinya diintegrasikan dengan data tabular di buku kerja Anda. Untuk membuat data yang tidak terkait ini bekerja bersama, Anda perlu menambahkan Model Data ke tiap tabel, lalu buat hubungan antara tabel menggunakan nilai pencarian kecocokan.




Memulai PivotTable baru menggunakan tabel di Model Data


Mungkin Anda telah menghubungkan beberapa tabel, membuat Model Data dalam prosesnya, dan telah siap untuk menggunakan data ini dalam analisis Anda. Berikut merupakan cara memulai PivotTable atau PivotChart baru menggunakan Model Data di buku kerja Anda.

1)      Klik sel mana pun pada lembar kerja.

2)      Klik Sisipkan > PivotTable.




3)      Dalam kotak dialog Buat PivotTable, di bawah Pilih data yang ingin Anda analisis, klik Gunakan sumber data eksternal.


4)      Klik Pilih Koneksi.

5)      Di tab Tabel, di Model Data Buku Kerja Ini, pilih Tabel di Model Data Buku Kerja.

6)      Klik Buka, lalu klik OK untuk memperlihatkan Daftar Bidang berisi semua tabel dalam model.



2.5 Microscoft Visio





Pengenalan Flowchart

Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.

Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.

Simbol-simbol flowchart

Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program. Simbol-simbol yang dipakai antara lain :




Flow Direction symbol

Yaitu simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain. Simbol ini disebut juga connecting line.


Terminator Symbol

Yaitu simbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu kegiatan






Connector Symbol

Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan proses dalam lembar / halaman yang sama.




Connector Symbol

Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan proses pada lembar / halaman yang berbeda.




Processing Symbol

Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer




Simbol Manual Operation

Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer




Simbol Decision

Simbol pemilihan proses berdasarkan kondisi yang ada.




Simbol Input-Output

Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya




Simbol Manual Input

Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglmfKaQiiRe-i7wlBRvlFK-FkslMjsjmbD_zOvf_fut26n9iSYwgxdB3oXQjYlINM3M1If9kVCHQ0tObJu0N9FdqKuL8x5qquEumor_HL72Mzzx54sorLgdfcukNoWG2PqY0kOu-erJog/s1600/simbolpreparation.jpg

Simbol Preparation

Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.


Simbol Predefine Proses

Simbol untuk pelaksanaan suatu bagian (sub-program)/prosedure





Simbol Display

Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printerdan sebagainya.



Simbol disk and On-line Storage

Simbol yang menyatakan input yang berasal dari disk atau disimpan ke disk.

Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart

Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.

Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;

1.      Input berupa bahan mentah

2.      Proses pengolahan

3.      Output berupa bahan jadi.

Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;

·         START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan sebelum menangani  pemecahan masalah.

·         READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.

·         PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.

·         WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.

·         END: mengakhiri kegiatan pengolahan






Gambar berikut memperlihatkan flowchart dari kegiatan dasar diatas.

Dari gambar flowchart di atas terlihat bahwa suatu flowchart harus terdapat proses persiapan dan proses akhir. Dan yang menjadi topik dalam pembahasan ini adalah tahap proses. Karena kegiatan ini banyak mengandung variasi sesuai dengan kompleksitas masalah yang akan dipecahkan. Walaupun tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran yaitu:

·         Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat

·         Penggambaran flowchart yang simetris dengan arah yang jelas.

·         Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.













contoh:




2.6 Gmail


Gmail  adalah layanan surel milik Google.[5] Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS,[6] protokolPOP3 atau IMAP4.[7][8] Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004[9] dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta.[10] Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.[11][12]

Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu.[13] Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB,[14]lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuak berorientasi pencarian dan "tampilan percakapan" yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai metode pemrograman Ajax.[15] Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 di Linux.[16][17][18] Pada Juni 2012, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.[2][19]

Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.

Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.

Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

Berikut adalah 10 fitur keunggulan GMail menurut Google :

  • Perlindungan dari Spam
  • Mudah melakukan pencarian terhadap email-email Anda
  • Lebih mudah mengikuti diskusi, karena dibantu layout topik/thread yang tersusun dengan baik
  • Fasilitas chatting yang terintegrasi
  • Pengelompokan email dengan cara filtering/penyaringan, pemberian label dan bintang yang tidak terbatas
  • Dapat diakses dengan ponsel (mobile device)
  • Kapasitas yang besar – dan makin besar
  • Ada Iklan – tetapi tidak cukup mengganggu
  • Menghemat waktu
  • Gratis

 


2.7 Blog


      Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakuisisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.



Jenis Blog

·        Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.

·        Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.

·        Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.

·        Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).

·        Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.

·        Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.

·        Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

·        Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).

·        Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi

·        Blog agama: Membahas tentang agama

·        Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.

·        Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.

·        Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.

·        Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka

·        Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing

·        Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

·        Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet[rujukan?], dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar[

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.









 
























BAB III PENUTUP


3.1 Kesimpulan


            Dari hasil paper yang di buat dapat disimpulkan bahwa:

1.      Komputer adalah suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama yang membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

2.      Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja.

3.      Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows.dengan penggunaan vlookup dan hlookup.

4.      dan juga beberapa mengenai Ms. Visio, pivit table, gmail dan blog.

 






















DAFTAR PUSTAKA


"Available interface languages - Gmail Help". Support.google.com. 2014-05-16 . Diakses

Blood, Rebecca (September 7, 2000). "Weblogs: A History And Perspective".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar